Connect with us

INTERNASIONAL

Mengenal Pangeran Philip via Biografi Singkat Sajian JARRAKPOS.com

Published

on

London, JARRAKPOS.com – Kabar mangkatnya Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth II, mengejutkan dunia.

Pangeran Philip mangkat di usia 99 tahun, di Kastil Windsor, Jumat pagi waktu setempat (9/4/2021). “Dengan rasa sedih yang amat sangat, Yang Mulia Ratu mengumumkan meninggalnya suami beliau, Yang Mulia Pangeran Philip, Duke of Edinburgh,” jelas Istana Buckingham.

Nah, kendati Pangeran Philip adalah suami Ratu Elizabeth II, namun kaum milineal banyak yang tidak kenal. Jangankan Pangeran Philip, Ratu Elizabeth II sang penguasa Inggris Raya pun banyak kaum milineal tidak kenal.

Maka JARRAKPOS.com berusaha mencari data dari sejumlah sumber seperti Kompas.com dan kantor berita AFP, untuk memberikan informasi tentang sosok Pangeran Philip yang masih berasal dari keturunan Kerajaan Yunani itu.

Advertisement

Pameran Philip lahir pada 10 Juni 1921. Pangeran Philip (Philippos) dari Yunani dan Denmark lahir di meja dapur di daerah bernama Corfu. Saat berumur 18 bulan, dia terpaksa dibawa keluar dari “Negeri Para Dewa” karena pamannya, Raja Constantine I, terpaksa mundur dari takhta kekuasaan di negeri itu.

Pangeran Philip mulai bersekolah Mei 1939. Kala itu Perang Dunia II sedang meletus, Duke of Edinburgh menyelesaikan pendidikannya di Gordonstoun di Skotlandia, dan bergabung bersama Angkatan Laut Inggris.

Pada 2 September 1945, Pangeran Philip muncul di Teluk Tokyo, saat Kekaisaran Jepang mengudurkan diri. Saat pensiun dari militer, disebutkan sang bangsawan pernah berkiprah di Pertempuran Kreta dan Cape Matapan, serta invasi Sekutu di Sisilia, Italia.

Terus kapan menikah dengan Ratu Elizabeth II? Philip menikah dengan Ratu Elizabeth II, pada 20 November 1947, di mana mereka mengangkat kesuraman setelah perang. Merupakan sepupu jauh, keduanya bertemu di 1939 dan tetap menjalin hubungan selama konflik dunia. Setelah melepaskan titel kebangsawan Yunani dan Denmark, Philip diangkat sebagai Duke of Edinburgh tak lama sebelum pernikahan.

Advertisement

Pada 6 Februari 1952, Raja George VI mangkat sehingga Putri Elizabeth diangkat sebagai penerusnya. Karena istrinya diangkat sebagai pemimpin monarki Kerajaan Inggris, maka Philip harus melepaskan kariernya di angkatan laut.

Di 1956, dia meluncurkan skema Penghargaan Duke of Edinburgh, didesain untuk mengajarkan kemandirian pada generasi muda. Sejak diperkenalkan, hingga saat ini jutaan anak muda dilaporkan telah berpartisipasi.

Nah, pada 20 November 1997, Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II merayakan ulang tahun pernikahan emas mereka (50 tahun). Di hadapan publik, Ratu menyatakan bahwa suaminya itu adalah sosok yang tidak mudah menerima pujian. “Tapi dia, secara sederhana, telah menjadi kekuatan saya dan terus bertahan selama ini,” ujar Ratu seperti dilansir AFP.

Pada 18 April 2009, dia menjadi pendamping penguasa monarki terlama dalam sejarah Kerajaan Inggris. Dia mengalahkan rekor yang dipegang Ratu Charlotte, istri dari Raja George III.

Advertisement

Kemudian pada 10 Juni 2011, Ratu Elizabeth II menjadikan suaminya Lord High Admiral, kepala tituler AL Inggris, untuk merayakan ulang tahun ke-90.

Tepat pada 4 Mei 2017, Istana Buckingham mengumumkan Pangeran Philip akan mundur dari tugas kerajaan pada akhir tahun tersebut. frs/*

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Warning: Undefined variable $user_ID in /home/jarrakpos/public_html/wp-content/themes/zox-news/comments.php on line 49

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply