Connect with us

DAERAH

Tim Gabungan Siapkan Tiga Jenis Pos, Mulai H-7 Lebaran. Pos Pantau Dinilai Paling Rawan. Ini Masalahnya

Putu Ivan

Published

on

Kabid Lalu-Lintas dan Angkutan Dinas Perhubungan Kabupaten Pacitan, Agus Winarno. (F. Yuniardi S).

Pacitan, Jarrakpos.com-Tim gabungan lintas sektor tengah bersiap untuk mendirikan pos pelayanan, pos pengamanan serta pos pantau, saat puncak mudik lebaran 1445 H/Tahin 2024.

Menurut Kabid Lalu-Lintas dan Angkutan, Dinas Perhubungan, Kabupaten Pacitan, Agus Winarno, tim gabungan terdiri dari unsur TNI/Polri, petugas medis dari Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, tim SAR dari BPBD dan unsur Saka Bhayangkara.

“Mereka akan bertugas full 24 jam yang diatur secara sift, mulai H-7 lebaran nanti. Baik di Posyan (Pos Pelayanan), PosPam (Pos Pengamanan), maupun Pos Pantau,” ujar Agus, saat dikonfirmasi Jum’at (22/3).

Agus mengungkapkan, untuk PosYan akan didirikan di seputaran Alun-alun Kota Pacitan. Sedangkan PosPam didirikan di Terminal Tipe A, Terminal Punung dan Terminal Arjosari.

Advertisement

Sementara itu khususnya Pos Pantau, Agus menyebut akan didirikan di sejumlah objek wisata. Seperti wisata banyu anget Tirto Husodo, Kecamatan Arjosari, Pantai Klayar, Pantai Watu karung, Pantai Teleng, Pantai Pidakan, Pantai Soge dan Goa Gong.

“Untuk masing-masing pos kita siagakan dua personil dari Dishub. Dan juga TNI/Polri, petugas medis dan juga tim dari BPBD. Mereka akan bertugas dari H-7 hingga H+7,” jelasnya.

Dari ketiga jenis pos tersebut, Agus menyebut hanya pos pantau yang seringkali terjadi tingkat kerawanan.

Sebab berlokasi di kawasan wisata. Terlebih kawasan wisata pantai. “Pos Pantau ini yang perlu atensi khusus. Sebab banyak terjadi kasus kecelakaan laut yang menimpa wisawatan. Apalagi nanti diperkirakan animo kunjungan wisata pada H+2 akan terjadi lonjakan. Terutama di Pantai Klayar dan Goa Gong,” tukasnya. (Red/yun).

Advertisement