Connect with us

Banten

KWT Garuda 12 Antusias Kedatangan Akademisi STIE Ganesha Dalam Kegiatan PKM

Published

on

Tangerang Selatan. Kelompok Wanita Tani Garuda 12 Kelurahan Cipayung, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan, mendapatkan keistimewaan dengan kunjungan rombongan akademisi STIE Ganesha (Minggu, 19 Mei 2024). Mereka hadir dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bertema “Pengolahan Hasil Pasca Panen: Minuman Sereh Lemon Selasih (Selasih)”.

Acara PKM dimulai pukul 09.00 WIB di depan Balai RW 12 Pondok Payung Mas, Jl Garuda Rt 01 Rw 12, Kelurahan Cipayung. Rangkaian acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan foto bersama, doa, dan sambutan dari Kepala LPPM serta Ketua STIE Ganesha. Selanjutnya, diadakan paparan materi oleh akademisi, sesi pemateri praktik, kunjungan ke kebun pertanian, praktik pembuatan minuman sereh lemon selasih, serta diskusi dan silaturahmi.

Sri Agustin, Ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) Garuda 12, memandu praktik pembuatan minuman sereh lemon selasih. Bahan yang digunakan antara lain jeruk lemon, daun sereh, biji selasih, dan madu, dengan air sebanyak 5 liter. Semua bahan merupakan pangan lokal yang bertujuan mendorong perekonomian setempat. “Minuman sereh lemon selasih dibuat berdasarkan pesanan (PO) dan tidak diproduksi secara massal untuk mengantisipasi kerugian karena daya tahan minuman ini cukup bervariasi, antara 3 hingga 7 hari tergantung penyimpanan,” jelas Sri Agustin. Harga satuan untuk 1 botol adalah Rp 10 ribu, menyesuaikan dengan kemasan, pemesan, dan jumlah pesanannya.

KWT Garuda 12 berharap STIE Ganesha dapat membantu dalam membuatkan kemasan branding yang permanen dengan logo khas KWT.

Advertisement

Berdasarkan profil KWT Garuda 12 periode 2022-2024, program kerja yang telah dilakukan antara lain: Tahun 2021: Menanam tanaman yang memiliki nilai jual tinggi dan diminati warga, serta meningkatkan kualitas produk hasil panen dan pengetahuan tentang pertanian dan pemasaran. Tahun 2023 : Memperluas lahan tanam dan berkolaborasi dengan pakar di bidang ekonomi, kesehatan, dan pertanian pangan untuk mengoptimalkan program kerja KWT dan meningkatkan nilai jual produk hasil panen. Tahun 2024: Menjadikan lahan KWT sebagai alternatif sumber penghasilan dan lapangan pekerjaan, serta melatih pengurus dan warga dalam pengelolaan KWT dan pengolahan produk pertanian. KWT juga berencana menjadikan lahannya sebagai tempat agrowisata.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi Kelompok Wanita Tani Garuda 12 dan masyarakat sekitar, serta mempererat kerja sama antara akademisi dan masyarakat dalam mengembangkan produk pasca panen.

Continue Reading
Advertisement DPRD KOTA PADANGSIDIMPUAN
Click to comment

Warning: Undefined variable $user_ID in /home/jarrakpos/public_html/wp-content/themes/zox-news/comments.php on line 49

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply