Connect with us

PARIWISATA

2020 Desa Taro Jadi Tuan Rumah Jambore Nasional Porkdarwis

Published

on


Gianyar, JARRAKPOS.com – Pada tahun 2020, Desa Taro Kecamatan Tegalalang Kabupaten Gianyar terpilih menjadi tuan rumah Jambore nasional (Kelompok Sadar Wisata (Porkdarwis). Hal ini dilihat saat meninjau Desa Taro oleh Deklarator Pokdarwis terkait kelayakan sebagai Desa penyelenggara. Jambore Nasional Porkdarwis tahun 2020 diikuti sekitar 200 peserta dari seluruh Indonesia, sehingga menjadi kebanggaan masyarakat Bali karena terpilih menjadi tuan rumah. “Kegiatan akan dihadiri sedikitnya 200 Pokdarwis seluruh Indonesia, karena Bali menjadi tuan rumah, peserta bisa melebihi jumlah itu,” ujar Ketua Pokdarwis Desa Taro Wayan Wardika, Kamis (5/12/2019).

1bn-ik#2/12/2019

Namun tetap disayangkan masih terdapat beberapa fasilitas penunjang yang belum dimiliki oleh Desa Taro terkait penyelenggaraan acara berskala nasional tersebut. “Beberapa fasilitas yang belum kami miliki seperti toilet berstandar internasional, areal tempat parkir yang memadai, penunjuk arah antar banjar dan obyek wisata serta fasilitas lainnya,” ucapnya. Atas kekurangan tersebut, Wardika berharap agar Pemerintah Kabupaten Gianyar dapat membantu dalam menyukseskan persiapan penyelenggaraan acara tersebut. “Kami belum pernah menyelenggarakan event sebesar ini, kami mohon Pemkab Gianyar membantu kami,” harapnya.

Baca juga : Genjot Ecotourism Serangan, Program “Millenial 4.0 AMD Denpasar Satu”

Dijadikannya Desa Taro ini sebagai penyelenggara event karena berhasil sebagai juara IV Nasional Desa Wisata Nasional beberapa waktu lalu. Pihak panitia pusat juga berharap Desa Taro bisa menjadi penyelengara dan diharapkan Pokdarwis bisa saling bertukar informasi (sharing ilmu) terkait pengembangan daerah pariwisata masing-masing. Desa Wisata Taro (Dewita) kedepannya juga akan mengembangkan berbagai kegiatan seperti menetapkan beberapa kegiatan unggulan sebagai Signature Experience selama ada di Desa Wisata Taro.

6bl#ik-26/11/2019

Diantaranya adalah penataan Cycling dan Trekking, Konservasi Alas Taro, Konektivitas antar Objek, Menyusun Calender of Events serta menata rumah-rumah penduduk untuk di standarisasi menjadi Home Stay. tur/ama

Advertisement