Connect with us

NEWS

Hindari Siswa Salah Jurusan Memilih Kuliah, PT Tumbuh Bersama Bangsa Gagas Edu Fair

Kadek Saputra

Published

on

Klungkung, JARRAKPOS.com – PT Tumbuh Bersama Bangsa menggagas lahirnya acara Edu Fair yang diikuti oleh 17 Perguruan Tinggi Negeri (PTN)/Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se – Bali untuk jemput bola siswa – siswa SMA/SMK. Upaya itu memperkenalkan berbagai program studi (Prodi) PTN/PTS agar dikenal siswa lebih dini. Mereka juga tidak salah pilih jurusan yang tidak sesuai dengan bakat, minat dan peluang kerja.

Edu Fair dilaksanakan dua hari, 2-3 Desember tersebut disambut baik oleh Kepala SMAN 1 Klungkung Putu Sudibawa di Klungkung, Kamis (2/12). “Prinsipnya kita dukung untuk kebaikan kepada anak – anak,” kata Putu Sudibawa yang juga Guru Kimia, pernah mengajar di SMAN 1 Sidemen dan Rendang.

Selama ini, lulusan SMAN 1 Klungkung banyak diterima lebih 50 persen dari PTN baik Unud dan Undiksha melalui jalur undangan (tanpa tes) dari 40 persen siswa yang lulus. Namun, siswa yang melanjutkan ke pihak swasta belum terlacak dengan mudah. Disamping sekolah menerima sosialisasi dari PTN/PTS. SMAN 1 Klungkung kerap juga menerima dari dunia usaha, lembaga pelatihan – pelatihan.

Sudibawa mengaku prestasi sekolah mampu seimbang baik akademik dan non akademik. Salah satunya Juara III E-Sport tingkat nasional, Juara Terbaik Penulisan Cerpen. Bahkan SMAN 1 Klungkung barusaja meraih prestasi Uji Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI) untuk melatih bahasa yang baik dan benar. “Hal itu untuk membudayakan serta membiasakan Bahasa Indonesia baik dan benar,” ujarnya.

Advertisement

Sebanyak 301 siswa kelas XII dari 1.080 siswa akan diperkenalkan 17 PTN/PTS lebih dekat dan mendapatkan informasi lebih detail. Sementara itu, Waka Bidang Kesiswaan SMAM 1 Klungkung Kadek Putrawan mengharapkan siswa bisa mengenal kampus sedini mungkin. “Sudah pasti sedini mungkin siswa kenal kampus di Bali dan luar Bali, sehingga mereka bisa tentukan arah kemana selanjutnya,” imbuhnya.

Siswa akan dipaparakan profil – profil dalam kelas. Namun lebih detail bisa datang ke stand-stand masing – masing. “Stand ini kami siapkan, agar siswa bisa bertanya lebih leluasa. Kadang-kadang dalam kelas, ada siswa malu – malu bertanya,” ujar Manager Operasional PT Tumbuh Bersama Bangsa Ade Utari.

Maka dari itu, Edu Fair bisa lebih efektif memperkenalkan kampus kepada siswa, peroleh informasi secara detail. Diharapkan Edu Fair mewadahi informasi PTN/PTS lebih awal, termasuk mendapatkan harga special.

Begitu juga, Ketua OSIS SMAN 1 Klungkung I Made Wikanta Dananjaya merasa berbangga, karena kampus berkenan jemput bola. “Ini suatu kehormatan. Biasanya siswa cari kampus, tapi sekarang terbalik. Jadi kita bisa kenal kampus sejak awal,” pungkasnya. tra/ar

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Warning: Undefined variable $user_ID in /home/jarrakpos/public_html/wp-content/themes/zox-news/comments.php on line 49

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply