Connect with us

Bengkulu

Program Six In One dan Three In One Dukcapil Terbukti Permudah Admistrasi Masyarakat

Putu Ivan

Published

on

BENGKULU, Jarrakpos.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bengkulu terus berinovasi untuk memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat dalam hal pengurusan Administrasi Kependudukan (Adminduk) salah satunya dengan program Six In One dan Three In One.

Pada tahun 2023 program Six In One dan Three In One telah mendapatkan juara 1 lomba inovasi program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Dijelaskan Kepala Dinas Dukcapil Kota Bengkulu Drs. Widodo, program Six In One ini merupakan program untuk pasangan baru. Pada saat acara resepsi pernikahan pasangan ini akan menerima 6 dokumen langsung dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu.

“Yang diserahkan itu seperti, KTP, KK, Perubahan Status, buku nikah. Kita juga sudah bekerjasama dengan Kantor Urusan Agama (KUA),” kata Widodo, Kamis (22/2/2024).

Advertisement

Lebih lanjut ia menjelaskan, Dukcapil langsung memverifikasi data pasangan itu seminggu sebelum acara pernikahan dilangsungkan. Maka ketika sudah diserahkan langsung dapat bermanfaat

“Jadi ketika dia mau kredit rumah, kredit bank sudah bisa langsung di gunakan dan pengurusan dokumen kependudukan itu gratis,” cetusnya.

Sedangkan, Program Three In One ini merupakan pengurusan akta kematian. Penyerahan Perubahan status KK,KTP dan akta kematian ini dilaksanakan pada Taziah malam ketiga.

“Kita ingin memastikan warga kota Bengkulu yang meninggal administrasinya terlaporkan, sehingga ini menjawab persolan yang sering kita dengar orang yang sudah meninggal namun masih terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT),” pungkasnya.(isp)

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Warning: Undefined variable $user_ID in /home/jarrakpos/public_html/wp-content/themes/zox-news/comments.php on line 49

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply