Connect with us

Bogor Raya

Pemkab Bogor Tebar Penghargaan Bagi Pemenang Lomba Pasar Bersih 2022

Admin Jarrak

Published

on

Jarrakposbogor, 09/12/2022

CIBINONG-Sebagai upaya wujud dukungan Pemerintah Kabupaten Bogor terhadap keberlangsungan pasar rakyat atau pasar tradisional, serta untuk mendorong tumbuhnya kesadaran kolektif pelaku usaha pasar dalam menjaga kebersihan pasar agar lebih nyaman dan tertata. Pemerintah Kabupaten Bogor lakukan pemberian penghargaan kepada para pemenang lomba pasar bersih tahun 2022, yang digelar di Ruang Serbaguna I Setda, Kamis (8/12/22).

Mewakili Plt. Bupati Bogor, Analisis Kebijakan Utama Setda Kabupaten Bogor, Beni Delyuzar menjelaskan, kegiatan lomba pasar bersih kali ini adalah salah satu wujud dukungan Pemerintah Kabupaten Bogor terhadap keberlangsungan pasar rakyat atau pasar tradisional. Pasar rakyat memiliki kedekatan dengan aspek sosial dan aspek budaya masyarakat dengan kearifan lokal dan keunikan sendiri sehingga telah menyatu dengan kehidupan masyarakat.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Bogor, saya ucapkan selamat kepada kepala unit pasar beserta jajarannya, yang berhasil memenangkan pasar bersih tingkat Kabupaten Bogor pada tahun 2022. Semoga dapat terus menjaga dan meningkatkan kebersihan, kenyamanan pasarnya, serta dengan ciri khas dan keunikannya, mampu mempertahankan segmen dan dapat bersaing dengan pasar modern lainnya,” ungkapnya.

Advertisement

Untuk diketahui bahwa, terdapat 10 pasar rakyat yang terdapat di Kabupaten Bogor, sedangkan yang mengikuti lomba hanya 10 pasar, yaitu: Pasar Cibinong, Pasar Ciluar, Pasar Cileungsi, Pasar Cariu, Pasar Jasinga, Pasar Rumpin, Pasar Gunung Sindur, Pasar Cigombong, Pasar Ciawi dan Pasar Cisarua.

“Kami harap lomba ini dapat menolong tumbuhnya kesadaran kolektif pelaku usaha pasar, untuk menjaga kebersihan pasar agar lebih nyaman dan tertata,” tegasnya.

Beberapa poin penilaian dalam lomba pasar bersih yakni, penerapan prokes, pengolahan limbah dan sampah, toilet, penghijauan, pemeliharaan bangunan, sanitasi, inovasi, pengembangan kewirausahaan dan pemberdayaan pasar, serta ketersediaan sarana dan prasarana di lingkungan pasar.

“Kita ingin pasar di Kabupaten Bogor yang lebih baik, untuk itu perlu perawatan pasar, didukung fasilitas umum yang tentunya barang dagangan yang berkualitas dengan harga-harga pasar yang lebih bersaing,” bebernya.

Advertisement

Dirinya juga meminta untuk pasar yang berada di jalur pariwisata juga diharapkan kedepan dapat berkembang menjadi pasar wisata. Ia juga meminta para pedagang yang aktif menjaga kebersihan pasar, agar minat berbelanja masyarakat ke pasar tradisional lebih meningkat. Selain itu pasokan air ke pasar tradisional itu juga harus dijaga kelancarannya, untuk mendukung kebersihan dan kenyamanan di dalam pasar.

“Saya minta juga pasar yang sudah bagus dan rapih dapat dikelola lebih baik lagi, dijaga, ditingkatkan kebersihannya, kenyamanannya, keramahannya dan juga kualitas dan harga dagangannya yang harus mampu bersaing agar semakin ramai oleh pembeli,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bogor, Entis Sutisna menyatakan, lomba pasar bersih tingkat Kabupaten Bogor tahun 2022 dilakukan untuk menumbuhkan kemandirian pasar rakyat untuk aktif melakukan penataan dan pengelolaan pasar yang lebih baik. Juga untuk meningkatkan motivasi pengelola pedagang dan instansi pembina untuk melakukan berbagai usaha dalam rangka mewujudkan pasar yang aman, tertib, nyaman dan berkeadilan.

Selain itu kegiatan tersebut menjadi sarana untuk meningkatkan peran serta segenap pelaku pasar untuk saling bersinergi mempertahankan eksistensi pasar rakyat.

Advertisement

“Sebanyak 10 unit pasar rakyat di bawah pengelolaan Perumda Pasar Tohaga Kabupaten Bogor yang mengikuti lomba. Adapun pemenang lomba sebanyak 5 pasar, yaitu kategori best of the best, kedua kategori sarana prasarana. Kemudian kategori inovasi pasar, keempat kategori kebersihan, ketertiban dan keindahan serta kategori pengelolaan sampah,” terangnya.

Sebagai informasi berikut daftar Pemenang Lomba Pasar Bersih 2022

1. Best of The Best : Pasar Cisarua

2. Sarana prasarana terbaik : Pasar Cigombong

Advertisement

3. Inovasi pasar terbaik : Pasar Cibinong

4. Pengelolaan sampah Terbaik : Pasar Ciluar

5. Kebersihan, ketertiban, dan keindahan terbaik : Pasar Jasinga. (Wins)

Advertisement