Connect with us

POLITIK

Mendekati Pemilu 2024, Pengawasan Logistik Terus Dilakukan Panwascam Kadugede

RGhana Triana Mustika

Published

on

KUNINGAN, JarrakPos.Com – Salah satu unsur komponen susksesnya Pemilu 2024 adalah memastikan kesiapan Logistik Pemilihan Umum (Pemilu) yang dapat disebut juga perlengkapan pemungutan suara dan dukungan perlengkapan lainnya merupakan unsur utama dalam penyelenggraan Pemilu. Pentingnya logistik tersebut, maka pengelolaannya harus profesional, mengedepankan prinsip jujur, dan berintegritas, dikelola secara tepat jumlah, tepat jenis, tepat sasaran, tepat waktu, tepat kualitas, efektif dan efesien.

Dalam pengawasan logistik pemilu menjadi hal penting untuk dapat memastikan proses pemilu berjalan dengan lancar, adil, dan transparan. Logistik ini erat kaitannya dengan pemilih, serta hak penyampaian terhadap hak politik warga negara. Maka perlu dirumuskan berbagai langkah pengawasan dan tindakan proaktif hendak dilakukan untuk memastikan kepatuhan dan integritas dalam manajemen logistik pemilu.

Perihal logisitik diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 14 Tahun 2023 tentang Perlengkapan Pemungutan Suara, Dukungan Perlengkapan Lainnya, dan Perlengkapan Pemungutan Suara Lainnya Dalam Pemilihan Umum dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 16 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 14 Tahun 2023.

Maka Panwaslu Kecamatan Kadugede harus memastikan pengawasan logistik ini sesuai dengan peraturan atau regulasi yang berlaku dan melakukan pengawasan melekat berkaitan dengan distribusi, dan pengelolaan logistik pemilu di tingkat kecamatan sampai ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk meminimalkan risiko terjadinya kesalahan atau penyalahgunaan.
Untuk pemenuhan logistik pemilu tahun 2024 di Kecamatan Kadugede, dari total 12 Desa, 81 TPS dan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 21.320 pemilih, untuk kebutuhan surat suara berjumlah 108.732 lembar untuk masing-masing surat suara baik surat suara Pilpres, surat suara DPD, surat suara DPR RI, surat suara DPRD Provinsi dan surat suara DPRD Kabupaten (jumlah tersubut sudah termasuk cadangan 2% dari DPT).
Selain perlengkapan Surat suara, banyak item/jenis logistik untuk pemilu 2024 seperti kotak suara, bilik pemungutan suara, tinta, alat untuk mencoblos, formulir, sampul kertas, segel, tanda pengenal, hingga alat bantu tunanetra, dll dari total 24 jenis logistik di tingkat TPS.

Advertisement

Mengingat urgensi logistik itu, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Kadugede memetakan aspek utama pengawasan dalam pengelolaan logistik Pemilu 2024 dan menjadi fokus pengawasan yang menjadi landasan dan poin kunci untuk memastikan kelancaran pemungutan suara, penghitungan suara, dan ligitimasi hasil.

“Paling tidak ada lima aspek utama fokus kami di pengawasan logistik, pertama tepat jumlah dengan kuncinya pada akurasi jumlah Daptar Pemilih Tetap (DPT), karna ini menjadi pondasi dari kebutuhan logistik,” terang Ketua Panwaslu Kecamatan Kadugede, Iman Rojikin kepada media di Rumah Makan Cimuncang Kadugede Minggu (28/1/2024).

Kedua lanjut Iman, fokus utama pengawasan logistik adalah memastikan tepat jenis, tepat kualitas, tepat waktu dan terakhir tepat tujuan. “Dalam hal pengawasan dan pencermatan tepat tujuan, sebelum logistik didistibusikan, Panwaslu Kecamatan Kadugede telah melakukan pengecekan lokasi yang direncanakan menjadi tempat penyimpanan logistik bersama PPK dan Unsur Forum Pimpinan Kecamatan (Forkompimcam) yang terdiri dari Camat, Kapolsek dan Danramil pada hari Kamis, 25 Januari 2024,” imbuhnya.

“Kami lakukan pengecekan lokasi penyimpanan yang mengunakan aula Kecamatan Kadugede, untuk memastikan kesiapan tempat, baik dari segi luas ruangan, keamanan, maupun tekhnis penyimpanan. Dan jikapun ada distribusi logistik secara parsial dari KPUD, Kami telah menyarankan agar logistik tetap didistribusikan pada satu lokasi yang telah ditetapkan yakni Aula Kecamatan Kadugede,” cetusnya.

Advertisement

Dikatakannya, kecermatan dalam pengawasan logistik agar dapat terhindar dari segala bentuk kelalaian. “Penting bagi kami untuk meningkatkan kewaspadaan dan memastikan semua proses distribusi dilakukan dengan cermat. Selain itu kami juga berkewajiban memiliki data yang akurat, karna data ini dapat menjadi pembanding dengan data rill,” ucapnya.

Komitmen Panwaslu Kecamatan Kadugede sebagai lembaga independen yang bertanggung jawab atas pengawasan penuh proses pemilu di tingkat kecamatan, terus melakukan pemantauan secara intensif terhadap seluruh tahapan logistik pemilu dalam melakukan pengawasan pengiriman dan pengelolaan logistik pemilu untuk mencegah adanya penyimpangan atau ketidakpatuhan. Kami menghimbau juga keterlibatan partisipatif masyarakat umum dan peserta pemilu untuk berperan aktif dalam memastikan integritas logistik pemilu.

Keterlibatan mereka dalam melakukan pengawasan dan melaporkan potensi pelanggaran terhadap aturan logistik pemilu akan menjadi kontribusi yang sangat berharga dalam menjamin keberlangsungan proses pemilu yang bersih dan adil. Sehingga melalui sinergi dan koordinasi yang baik antara semua pihak terkait, diharapkan bahwa pengawasan logistik pemilu yang efektif akan dapat membawa Indonesia menuju pemilu yang jujur, adil, dan bermartabat. (Agh@n)

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Warning: Undefined variable $user_ID in /home/jarrakpos/public_html/wp-content/themes/zox-news/comments.php on line 49

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply