Connect with us

NEWS

Lowongan CPNS 2018 Dibatalkan

Redaksi Jarrakpos

Published

on

JAKARTA, JARRAK POS – Rekrutmen atau lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 rencananya akan dibuka setelah pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) dibatalkan. Rencananya, rekrutmen ini akan diselenggarakan di 171 tingkat regional.

Keputusan ini disampaikan langsung melalui Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Pemerintah kabarnya memiliki skema berbeda soal timeline pelaksanaan rekrutmen tahun ini.

Seperti pernyataan Menteri PAN-RB, Asman Abnur, saat ini pemerintah tengah menyusun proses formasi CPNS yang dibutuhkan dari kementerian, lembaga, dan perangkat pemerintahan lainnya. Dirinya mengaku, permintaan dari unit kerja pemerintah terkait CPNS sudah masuk ke instansinya.

Aka tetapi, tambah Abnur, peluang permintaan CPNS bisa berbeda dengan kebutuhan yang ada di lapangan. Dengan begitu, pemerintah harus mendata dan menysir kembali kebutuhan masing-masing kementerian dan lembaga. Karenanya, rekruktmen CPNS tidak bisa dilakukan sesegera mungkin.

Advertisement

“Apakah benar yang diajukan sesuai dengan beban kerja? Apakah sesuai dengan target yang mau dihasilakn? Jadi, jenis Sumber Daya Manusia (SDM) seperti apa yang dibutuhkan, ini sedang kami data ulang masing-masing kementerian dan lembaga. Jadi, setelah Pilkada (proses rekrutkmennya),” terangnya di Komplek Istana Kepresidenan, Selasa (6/3/2018).

Disebutkan, pertimbangan dasar formasi CPNS tahun ini adalah kompetensi. Harapannya, peserta CPNS yang mengisi posisi di pemerintahan adalah orang yang benar-benar profesional dan kompeten di bidangnya.

Makanya, peseta CPNS akan diberi informasi bahwa kompetensinya akan digunakan di unit kerja tertentu. Ini dimaksudkan agar alasan tidak betah di daerah dan meminta pindah ke daerah yang lain, tidak terjadi.

“Jadi, kami sekarang tidak mau lagi menerima sarjana teknik sekian, tapi kami maunya sarjana teknik ini, teknik apa saja? Akan ditempatkan di unit kerja mana? Dengan demikian, sebelumnya kami memutuskan, kami sudah tahu seseorang itu akan ditempatkan di mana,” jelas Asman.

Advertisement

Menurut Asman, meski penerimaan CPNS tahun ini dilaksanakan pasca Pilkada, bukan berarti pesta demokrasi ini mengganggu proses rekrutmen. “Tidak mengganggu, Pilkada jalan dan penerimaan tetap jalan,” pungkasnya.

Seperti di tahun sebelumnya, proses penerimaan CPNS selalu diminati oleh sekitar 2,43 juta pelamar kerja. Mereka memperebutkan 33.146 kursi untuk bekerja di beberapa pos dan lembagapemerintahan. rak/ama

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Warning: Undefined variable $user_ID in /home/jarrakpos/public_html/wp-content/themes/zox-news/comments.php on line 49

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply