Connect with us

Bengkulu

Balai Sumatera VII dan PUPR Provinsi Bengkulu Gelar Upacara Hari Bakti PU ke -78 Bersama Gubernur

Putu Ivan

Published

on

BENGKULU, jarrakpos.com – Hari Bakti Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) diperingati pada tanggal 3 Desember setiap tahunnya, untuk memperingati sejarah peristiwa 3 Desember 1945. Upacara HUT PUPR di Bengkulu dipimpin langsung oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Minggu (3/12/2023) di Benteng Malrborought.

Diselenggarakan uparaca ini untuk mengenang pertempuran sengit pegawai PU di Gedung sate Bandung, Jawa Barat waktu itu. Peristiwa ini diperingati tak lepas dari nama-nama pejuang yang gugur melawan pasukan inggris. Dalam perjalanannya hari bakti (Harbak) PU mempunyai sejarah yang panjang.

Mengutip situs Kementrian PUPR, saat itu terjadi pertempuran dasyat antara bangsa Indonesia dengan pasukan tentara inggris, saat itu gedung sate hanya di pertahankan oleh 21 orang.

Walaupun demikian, petugas yang mempertahankan gedung sate tersebut tak menyerah begitu saja. Mereka melakukan perlawanan mati-matian dengan segala kekuatan uang dimiliki.

Advertisement

Seperti yang disampaikan, Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, upacara ini sengaja ditempatkan di Benteng Marlborough dengan mengunakan pakaian adat. Ini menggambarkan keberagaman kekayaaan dan yang lebih penting membangun spirit bagaimana seorang pejuang PUPR yang mempunyai tekat luar biasa untuk membangun Indonesia.

“Kita harus membangun terus dan kita kembangkan kebutuhan infrastruktur. Tidak bisa dipungkiri menjadi hal itu kunci utama untuk menegakkan ekonomi daerah dan menjadi satu kunci juga untuk mempersatu bangsa,” ucapnya.

Ketika konektifitas sumberdaya air bisa di bangun dengan baik, lanjutnya, maka sesungguhnya keberagaman itu akan menjadi suatu kekuatan infrastruktur.

“Selamat ulang tahun PUPR ke_78,” tutup Rohidin.

Advertisement

Deky Agus Prawira

Di sisi Lain Kepala BWS VII melalui Kepala Subag Umum dan Tata Usaha, Deky Agus Prawira, SP, ST, MM, menyampaikan, tahun ini, pelaksanaan upacara peringatan Hari Bakti PU ke-78 menyongsong tema “Sigap Membangun Negri”.

Kegiatan upacara ini dirangkai dengan pembacaan sejarah singkat peringatan hari bakti PU, persembahan puisi, paduan suara serta pemberian penghargaan 10 tenaga kerja konstruksi (TKK) .

Dirinya bersyukur, kegiatan dalam rangka merayakan hari bakti PU ini berjalan dengan lancar. Ia juga menyebut, tidak hanya upacara sebelumnya BWS VII bersama PUPR Bengkulu kemarin juga menggelar jalan santai.

“Kemarin kami gelar jalan santai Hari Bakti PU. Jalan santai ini dalam rangka membangun harmonisasi antar pegawai, bahkan jalan santai ini meriahkan dengan doorprize,” terang Deky.

Disebutkannya, dalan upacara ini yang hadir cukup bnyak yaitu para pimpinan.

Advertisement

“Kami juga memberikan bingkisan sebagai tanda kasih kami kepada para pensiunan sebagai kenang-kenangan di hari HUT tahun ini,” pungkasnya.(isp)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Warning: Undefined variable $user_ID in /home/jarrakpos/public_html/wp-content/themes/zox-news/comments.php on line 49

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply