Connect with us

NEWS

Rombongan Wartawan BI Bali Jajal Wisata Jeep Offroad Merapi Lava Tour

Redaksi Jarrakpos

Published

on

Rombongan Wartawan Lokakarya Kehumasan dan Kebanksentralan Bank Indonesia Kantor Perwakili Provinsi Bali menikmati Wisata Jeep Offroad Merapi Lava Tour Jogjakarta.


JOGYAKARTA, JARRAK POS – Rombongan Wartawan Lokarya Kehumasan dan Kebanksentralan Bank Indonesia Kantor Perwakili Provinsi Bali menikmati sekaligus menjajal Wisata Jeep Offroad Merapi Lava Tour di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (9/2/2018). Kegiatan itu dilaksanakan berlangsung selama tiga hari, 9 sampai 11 Februari 2018.

Mereka berangkat menuju Gunung Merapi menggunakan Jeep, diawali dengan doa bersama dan gerakan pemanasan di depan Gedung Museum Gunungapi Merapi (MGM). Bercermin dari perkembangan wisata Merapi Lava Tour di Jogjakarta semestinya bisa dicontoh dikembangkan menjadi objek wisata Gunung Agung. Seperti MGM yang merupakan museum bersejarah yang dapat dijadikan sebagai sarana pendidikan, penyebarluasan informasi aspek kegunungapian khususnya dan kebencanaan geologi lainnya yang bersifat rekreatif-edukatif untuk masyarakat luas dengan tujuan untuk memberikan wawasan dan pemahaman tentang aspek ilmiah, maupun sosial-budaya dan lain-lain yang berkaitan dengan gunungapi dan sumber kebencanaan geologi lainnya.

Selama dalam perjalanan para sopir Jeep menjelaskan kondisi daerah setempat yang dulunya menjadi perkampungan, namun kini telah sudah kosong hanya tertinggal sisa bangunan. Pemandangan alam yang menawan dengan menyusuri jalan penuh batuan dan berpapasan dengan truk-truk pengakut pasir. Setelah meletusnya Gunung Merapi pada tahun 2010 kini menjadi primadona wisatawan lokal dan mancanegara yang penasaran terhadap kondisi akibat bencana tersebut. Driver Pemandu Dwi Lendy menuturkan, pihaknya yang tergabung dalam Asosiasi Jeep Wisata Lereng Merapi dengan 800 armada dengan 29 basecamp secara bergantian antar wisatawan. “Kami setiap hari bertumpu pada wisatawan, memgantarkan menuju titik-titik yang dituju,” ujarnya.

Advertisement

Penghasilannya dalam kesehariannya ditentukan oleh jumlah kunjungan, tidak menutup kemungkinan pulang tanpa membawa hasil. Namun, wisatawan ramai datang ketika musim liburan dan perayaan hari-hari besar seperti Tahun Baru, Natal dan Idul Fitri. Ia juga menjelaskan waktu operasional Paket jeep merapi lava tour jam 07.00 sd 16.00 WIB. Khusus Paket Sunrise Merapi Lava tour dimulai Jam 04.30. WIB. Harga Paket Jeep Lava Tour rute pendek Rp.350.000,-/Jeep, Rp. Rute menengah Rp. 450.000,/Jeep, Rute Panjang Rp. 650.000,- dan Paket Sunrise Merapi Lava Tour Rp. 450.000,-/Jeep. Paket Merapi Amazing Trip 450 rute Stone Henge, Lost World castel- Batu Alien, Main Air kali kuning.

Untuk satu jeep kapasitas untuk maksimal empat orang dewasa. Harga tersebut dapat berubah sewatu-waktu sesuai situasi dan kondisi. Selain empat itu, ada Juga Paket Lava tour Merapi khusus untuk kegiatan fun outing perusahan atau Family Gathering Perusahaan. Diantaranya Paket Lava tour Merapi dan Kaliurang Cycling Tours, Paket Merapi Lava tour dan Fun game outbound atau  Paket Amazing Village Tour. Termasuk bagi mereka yang mau naik ke puncak Gunung Merapi yang bisa menempuh dalam waktu 6 jam. Sementara itu, salah satu Wartawan Bali Bank, Candra mengaku berdebar-debar selama sepanjang perjalanan. “Saya sempat melihat museum mini sisa harta warga yang terdampak erupsi Gunung Api Merapi, selanjutnya berkunjung Batu Alien dan Banker di Kaliadem,” ujarnya.

Sepanjang perjalanan mendapatkan pengalaman baru, wawasan baru mengenai akibat erupsi, namun kini sudah mulai menghijau bahkan memberikan dampak positif kepada warga sekitar. Material erupsi menjadi barang tambang, tanah menjadi subur maupun menjadi daya tarik wisata. “Saya paling berkesan bersama rekan media ketika menyusuri dengan naik mobil Jeep melewati melewati sungai hingga basah kuyup,” ujarnya. aya/ama

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Warning: Undefined variable $user_ID in /home/jarrakpos/public_html/wp-content/themes/zox-news/comments.php on line 49

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply