Connect with us

Sumatera Utara

Pemilu Di Sayurmatinggi Terancam Batal Gegara Camat Belum Rekomendasi Sekretaris Panwas

Syawal Rifai

Published

on

Tapsel, (JarrakPos)- Pemilu Serentak tahun 2024 di Kec. Sayurmatinggi Kabupaten Tapsel, Sumut terancam batal gara-gara Camat Sayurmatinggi Enri Cofermi Batubatara belum merekomendasi pengganti Sekretaris Panwaslu yang mengundurkan diri.

Kekosongan jabatan Kepala Sekretariat (Sekretaris) Panwaslu Kec. Sayurmatinggi tersebut ditengarai akan menghentikan tugas-tugas Pengawas Pemilu mengingat tugas dan fungsi kepala sekretariat Sangat urgen, penting dan strategis untuk kelancaran administrasi dalam mensukseskan Pemilu Serentak tahun 2024 khususnya di Sayurmatinggi.

Jika Penyelenggaraan Pemilu tanpa Pengawasan maka Pemilu tersebut dianggap tidak sah dan peluang kecurangan akan sangat tinggi.

Ketua Panwascam Sayurmatinggi, Agus Supriadi kepada wartawan (25/01) menjelaskan bahwa satu hari setelah pengunduran diri Seri Yenni Daulay sebagai Sekretaris tertanggal 17 Januari 2024 kemarin, Panwaslu Kec. Sayurmatinggi langsung audiensi kepada Camat dalam rangka koordinasi mengisi kekosongan jabatan kepala sekretariat.

Advertisement

Selanjutnya pihaknya juga telah melayangkan surat permohonan kepada Camat agar merekomendasi Calon Kepala Sekretariat secepatnya ditindaklanjuti, namun hingga saat ini dan/atau 19 hari menjelang hari H pelaksanaan Pemilu Serentak 2024, camat belum kunjung memberikan rekomendasi calon pengganti kepala sekretariat Panwaslu Kec. Sayurmatinggi.

Permintaan tersebut dibuat oleh Panwas Kecamatan (Panwascam) Sayurmatinggi melalui suratnya nomor : 001/RT.13/K.SU-22.13/01/2024, surat tertanggal 25 Januari 2024 berupa Permohonan untuk menjadi kepala Sekretaris pada Panwaslu Kec. Sayurmatinggi ditandatangani oleh Agus Supriadi selalu Devisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Informasi dan Data.

Surat tersebut meminta agar Camat Sayurmatinggi Merekomendasi Calon Kepala Sekretariat secepatnya ditindaklanjuti mengingat tugas dan fungsi kepala sekretariat Sangat urgen, penting dan strategis untuk kelancaran administrasi dalam mensukseskan Pemilu Serentak tahun 2024 khususnya di Sayurmatinggi.

Dalam surat tersebut juga dijelaskan bahwa sehari setelah pengunduran diri Seri Yenni Daulay sebagai Sekretaris Panwascam, pihak Panwaslu telah audiensi dengan Camat Sayurmatinggi tertanggal 17 Januari 2024 meminta agar Camat merekomendasikan calon pengganti.

Advertisement

Namun hingga saat ini Camat Sayurmatinggi belum juga merealisasikan janjinya memberikan rekomendasi calon pengganti, meski hari H pelaksanaan Pemilu tinggal 19 hari lagi.

Sat dijelaskan bahwa Camat telah menunjukkan surat tanggapan kepada wartawan menjawab surat Panwaslu Kecamatan yang menyatakan bahwa Seri Yenni Daulay jabatan sebagai kepala Sekretariat Panwas Sayurmatinggi dibutuhkan sebagai Kepala Sekretariat Panwaslu Kec. Sayurmatinggi dan sudah dikonfirmasi bahwa Camat Tantom Angkola tidak keberatan.

Menjawab surat tersebut, Kertua Panwaslu Kec. Sayurmatinggi mengatakan meski surat tersebut telah ditunjukkan kepada wartawan namun hingga saat ini surat itu belum sampai ke Panwaslu Kec. Sayurmatinggi.

“Terus terang bang surat tersebut saya ketahui dari Abang setelah Abang mengirimkannya kepada saya”, jelasnya.
Agus menambahkan Surat pernyataan Seri Yenni Daulay yang mengatakan bahwa dirinya sebagai Kepala Sekretariat Panwaslu Kec. Sayurmatinggi masih dapat dilaksanakan, menurut Agus dikarenakan surat tersebut tidak memiliki tanggal, maka patut diduga bahwa surat tersebut dibuat per tanggal hari ini.

Advertisement

Lanjutnya, melihat sikap Seri Yenni Daulay yang tidak konsisten dalam menjalankan tugas maka Panwaslu kecamatan Sayurmatinggi khususnya Agus Supriadi sebagai ketua berkesimpulan merasa sudah tidak sejalan dan tidak bisa bekerja sama dengan Seri Yenni Daulay, sehingga dia berharap agar dilakukan pergantian.

Agus meminta agar semua pemangku kepentingan untuk segera mendesak dan/atau memerintahkan Camat agar segera membuat rekomendasi calon pengganti Sekretaris Panwaslu Kec. Sayurmatinggi demi suksesnya pemilu serentak 2024 yang tinggal beberapa hari lagi.

Terpisah, Camat Sayurmatinggi Enri Cofermi Batubara kepada wartawan memberikan Copi surat dari Seri Yenni Daulay yang berbunyi dapat kembali melaksanakan tugasnya sebagai kepala sekretariat Panwaslu Kec. Sayurmatinggi dan Surat Tanggapan dari Camat atas jawaban terhadap surat Panwaslu yang menyatakan bahwa Seri Yenni dibutuhkan sebagai Kepala Sekretariat Panwaslu Kec. Sayurmatinggi dan sudah dikonfirmasi bahwa Camat Tantom Angkola tidak keberatan.

Selanjutnya camat mengatakan jika merasa tidak layak , seharusnya pihak Panwaslu membuat surat mereka. *(Ali Imran).

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Warning: Undefined variable $user_ID in /home/jarrakpos/public_html/wp-content/themes/zox-news/comments.php on line 49

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply