Connect with us

DAERAH

Made Urip Galakan 4 Pilar Kebangsaan di Dajan Ceking

Redaksi Jarrakpos

Published

on

TABANAN, JARRAK POS – Selama empat periode menjabat Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Drs. I Made Urip, M.Si makin dikenal sangat rajin turun ke masyarakat. Tidak saja membawa berbagai program dan bantuan langsung kemasyarakat, tetapi juga selalu hadir menyerap dan memperjuangkan aspirasi berbagai kegiatan masyarakat, termasuk menggalakan pemahaman nilai-nilai 4 Pilar Kebangsaan. Seperti halnya kali ini Made Urip turun melakukan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Banjar Dajan Ceking, Desa Blatungan, Pupuan, Tabanan, Minggu (10/2/2018).

Sebagai salah satu Anggota Badan Anggaran (Bangar) MPR RI, Made Urip memang wajib terus menggenjot pemahaman 4 Pilar Kebangsaan yang saat itu didampingi dua Anggota DPRD Tabanan dari Fraksi PDI-P Anak Agung Nyoman Dharma Putra, S.Sos yang juga selaku Bendahara DPC PDI Perjuanan Tabanan dan I Gusti Nyoman Oemar Dani, A.Ma sekaligus Ketua PAC PDI-P Pupuan. Sosialisasi tersebut dihadiri sejumlah tokoh masyarakat, Anggota STT, Ibu PKK dan ratusan warga banjar setempat. Pada kesempatan itu tokoh masyarakat Dajan Ceking Dewa Ketut Artayasa mengatakan, Made Urip sebagai sosok wakil rakyat yang selalu peduli turun ditengah-tengah masyarakat tak terlepas untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan persatuan melalui Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan. “Selama ini sepak terjang Pak Made Urip khususnya di sektor pertanian juga sangat banyak memberikan bantuan, termasuk bantuan di desa adat dan kegiatan masyarakat lainnya,” ujarnya bersemangat.

Besarnya kepedulian Wakil Rayat Seribu Traktor itu kepada masyarakat di Blatungan khususnya di Banjar Dajan Ceking, juga disampaikan Mantan Perbekel Blatungan dua periode Dewa Nyoman Alit Sastrawan yang kini menjadi Kelian Banjar Adat Dajan Ceking. Melalui penguatan 4 Pilar Kebangsaan yang menyasar generasi muda dan seluruh lapisan masyarakat diharapkan mampu menumbuhkan rasa persatuan dan nilai-nilai kebangsaan untuk mengisi pembangunan. Apalagi juga melibatkan STT sebagai tumpuan generasi yang memahami nilai nilai kebangsaan untuk mengembangkan seni budaya dan agama yang tidak terlepas dari rasa persatuan dan mengarahkan generasi muda kearah yang lebih positif. “Kita harap bisa terus berkesinambungan ditengah era globalisasi yang semakin merenggang,” paparnya.

Saat kegiatan itu, Dewa Gede Eka Antara mewakili 125 Anggota STT Taruna Bakti Karya Banjar Dajan Ceking yang didampingi Bendesa Adat Dajan Ceking Dewa Nyoman Nuarsa menyampaikan terimakasih sekaligus apresiasi kepada Made Urip, karena selalu menyempatkan waktunya untuk memberikam Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan. Diharapkan kegiatan ini juga terus dilakukan secara berkesinambungan agar generasi muda dari banjar ke banjar, hingga di masyarakat luas semakin mempererat rasa persaudaraan dan persatuan dalam berbangsa dan bernegara. “Kita mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bapak Made Urip yang telah meluangkan waktu memberikan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan,” ujarnya.

Advertisement

Saat memberikan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Made Urip juga didampingi dua narasumber Kader “Lumutan” PDIP I Wayan Dika Sumantra dan I Wayan Gunadi. Disebutkan, 4 Pilar Kebangsaan itu yakni Pancasila sebagai ideologi dasar negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara. Inilah menjadi pegangan hidup untuk kehidupan berbangsa dan bernegera, seperti Pancasila sebagai pengikat bangsa dan negara yang digali oleh Bapak Pendiri Bangsa, Bung Karno waktu itu. “Pak Presiden Jokowi juga memerintahkan pembangunan infrastruktur keseluruh tanah air, termasuk pelabuhan, jalan TOL untuk mempermudah mempersatuan bangsa dari Sabang sampai Merauke guna menjaga NKRI,” tegasnya.

Selain itu, terkait Bhinneka Tunggal Ika harus menjadi perhatian, karena perbedaan suku, ras dan agama ini menjadi pemersatu bangsa. Menutup sosialisasi itu Ketua DPP PDI Perjuangan itu, juga menyerahkan sejumlah dana talikasih. eja/ama

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply