Connect with us

Jawa Barat

Kunjungi Posko Pengungsian, Kemenkumham Jabar Salurkan Bantuan Bagi Korban Terdampak Banjir-longsor  di KBB

Deni Supriatna

Published

on

JARRAKPOS.COM – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI melalui Kemenkumham Jawa Barat (Jabar) menyalurkan bantuan berupa sembako dan uang tunai bagi korban yang terdampak bencana longsor dan banjir bandang yang terjadi di Kampung Gintung, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB) Jawa Barat.

Adapun bantuan tersebut diberikan secara langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Jabar, R, Andika Dwi Prasetya didampingi pejabat tinggi Kanwil Jabar dengan meninjau langsung posko pengungsian yang berada di SDN 1 Padakati dan SDN Cibenda 1 di Desa Cibenda.

Kakanwil Kemenkumham Jabar, R, Andika Dwi Prasetya mengatakan, bantuan yang diberikan merupakan bentuk kepedulian dan keprihatinan Kemenkumham terhadap korban terdampak bencana longsor dan banjir bandang.

“Saya mewakili keluarga besar Kemenkumham RI dan Sekjen Kemenkumham untuk menyampaikan tali kasih dari insan Pengayoman untuk seluruh korban terdampak atas peristiwa bencana longsor dan banjir bandang di Desa Cibenda,” ujar Kakanwil Kemenkumham Jabar, R, Andika Dwi Prasetya saat meninjau lokasi pengungsian pada Selasa, 2 April 2024.

Advertisement

Menurut Andika, bantuan yang disalurkan langsung ke posko pengungsian merupakan salah satu program Kemenkumham dibawah kepemimpinan Menteri Yasonna Laoly.

Dijelaskan Andika, bantuan yang disalurkan untuk korban terdampak bencana di Desa Cibenda berasal dari seluruh pegawai Kemenkumham khususnya biro SDM dengan total jumlahnya sebesar Rp 162 juta.

“Yang kita salurkan berupa paket sembako dan uang tunai. Intinya, Kemenkumham akan terus peduli terhadap masyarakat yang berada di Desa Cibenda khususnya yang terkena dampak akibat bencana longsor dan banjir bandang,” tuturnya.

Selanjutnya, Andika menyampaikan, bantuan yang telah disalurkan Kemenkumham diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang berada di pengungsian posko darurat bencana.

Advertisement

“Semoga bantuan yang kita berikan dapat membantu mengurangi beban bagi warga terdampak yang berada di pengungsian,”katanya.

Selain itu, Andika mengingatkan agar seluruh masyarakat kedepannya harus lebih aktif dalam menjaga kelestarian alam dengan memanfaatkan lingkungan dengan cara terbaik. Sebab, hal tersebut dapat mencegah terjadinya bencana longsor dan banjir bandang.

Lebih lanjut, Andika mengajak seluruh elemen masyarakat dan seluruh komunitas untuk turut peduli terhadap masyarakat yang terdampak bencana yang menimpa Desa Cibenda. Kecamatan Cipongkor, Bandung Barat.

“Mari kita jaga dan memanfaatkan lingkungan dengan baik. Saya juga mengajak semua elemen dan komunitas untuk peduli sesama terhadap korban yang terdampak bencana di Desa Cibenda,” katanya menandaskan.***

Advertisement