Connect with us

OLAHRAGA

Kejuaraan Internasional Barongsai Dibuka, Positip Bagi Sumut

Published

on

Medan – Positip Bagi Sumut Pemerintah Provinsi Sumatera Utara memberi apresiasi pelaksanaan Kejuaraan bertajuk International Lion Dance Championship 2023. Event yang memperebutkan Piala Bergilir Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Piala Tetap Perhimpunan Masyarakat Indonesia Tionghoa Sumatera Utata (MITSU) ni diikuti empat negara mulai dari Indonesia, Malaysia, Singapura dan Thailand.

Kadispora Sumut, Baharuddin Siagian mewakili Gubsu Edy Rahmayadi saat membuka kejuaraan itu mengatakan, event ini sangat positif bagi Sumut dalam menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024. Apalagi cabor barongsai nantinya dipertandingkan di Sumut sebagai tuan rumah bersama Aceh.

“Saya yakin lewat event ini, Sumut bisa memberikan yang terbaik sebagai tuan rumah. Yakinkan ini. Sumut tentu harus jadi yang terbaik di PON 2024. Sumut harus bermartabat di dunia olahraga,” ucap Baharuddin saat membuka kejuaraan tersebut di GOR Futsal Disporasu, Sabtu (4/3).

Pihaknya juga mengapresiasi keikutsertaan negara Asia Tenggara, seperti Malaysia, Singapura dan Thailand yang mau datang dan bertanding di kejuaraan ini. Kedatangan para peserta dari luar Indonesia akan menguatkan kontingen Sumut untuk membawa nama baik daerah di kancah internasional. “Di PON nantinya, paling tidak 5 emas harua diraih Barongsai Sumut, karena kita tuan rumahnya,” sambungnya.

Advertisement

Keinginan yang sama juga diutarakan Ketua Umum KONI Sumut, John Ismadi Lubis. Menurutnya, cabor barongsai jadi kebanggaan Sumut karena ini menjadi debutnya dipertandingkan di PON.

Dia pun berharap, dari 10 nomor yang dipertandingkan di PON 2024, Sumut bisa berprestasi dan menjadi juara umum. “Puji syukur Sumut dipercaya jadi tuan rumah. Ini pertama di Indonesia kejuaraan barongsai internasional. Jadikan Semoga bisa jadi contoh agar bisa dipertandingkan di SEA Games. Tentunya kans medali bisa didapat. Saya yakin,” kata John.

“Saya juga ucapkan selamat datang peserta dari luar. Jadikan ini ajang prestasi dan juga bisa kunjungi wisata yang ada di Sumut. Sampaikan salam kami ke nagara anda,” tambah John.

Sementara Ketua Umum Federasi Olahraga Barongsai Indobesia (FOBI) Sumut, Peter Suhendra mengucapkan terima kasih kepada panitia serta Ketum FOBI, Edy Kusuma yang hadir pada pembukaab kejuaraan.Pihaknya berharap kejuaraan ini jadi pembuka agar kejuaraan selanjutnya bisa lebih baik lagi dengan target 20 negara bisa tampil.

Advertisement

“Intinya meningkatkan olahraga.
Bukan hanya kompetisi, tapi saling belajar dari provinsi lain, terutama dari negara lain. Terima kasih telah hadir di sini,” ungkapnya.

Sebelumnya Ketua Panpel David So melaporkan, event ini diikuti 31 tim yang terdiri dari tim-tim dari Malaysia, Singapura dan Thailand serta dari Aceh, Jambi, Sumut dan Sumbar. Kejuaraan berlangsung tiga hari, 3-5 Maret 2023 dengan mempertandingkan 5 nomor yakni tradisional, kecepatan, ketangkasan, taulo bebas dan halang rintang.

Continue Reading
Advertisement DPRD KOTA PADANGSIDIMPUAN
Click to comment

Warning: Undefined variable $user_ID in /home/jarrakpos/public_html/wp-content/themes/zox-news/comments.php on line 49

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply