Connect with us

DAERAH

Ide Brilian dari Kuwu Carnita (Encang) dalam Mendongkrak Argowisata desa Sindang.

Published

on

INDRAMAYU JarrakPostJabar.Com-Pemerintah desa Sindang melalui kuwu Encang (Carnita) selalu berupaya agar embung Jangkar bukan hanya sebagai daerah wisata tetapi juga berfungsi sebagai Argowisata dan sarana edukasi bagi para anak-anak sekolah.

Upaya mempromosikan Embung Jangkar sebagai salah satu destinasi wisata di Desa Sindang Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu terus dilakukan oleh Kuwu Sindang, Carnita(Encang).

Setelah sukses dijadikan sebagai tempat perhelatan Perkemahan Apung Satuan Karya (Saka) dan Pandega Tingkat Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Indramayu pada bulan Juni tahun lalu, Kuwu Carnita terus berupaya mengenalkan dan mempromosikan Embung Jangkar.

Salah satunya adalah argowisata perkebunan melon langsung petik dan budidaya anggur dari berbagai macam variatas. Saat di temui di lokasi embung Jangkar Minggu (19/05/24) kepala desa Sindang kabupaten Indramayu Carnita (Encang) ” bahwa dirinya telah berupaya agar embung Jangkar ini banyak dikunjungi karena bamyak ragam wisata yang bisa dinikmati oleh semua kalangan mulai dari wisata air dan Cloting Market, petik melon langsung dari kebunnya dan ada juga petik buah anggur dari pohonnya” tegas encang.

Advertisement

“Kalau petik melon dari kebun itu sudah dilakukan pada bulan Ramadhan kemarin dan pengunjung bisa petik dan membeli melon langsung dari kebunnya tinggal pilih sesuai kebutugan. Selain itu pula ada tanaman anggur dari berbagaj macam jenis yang ada di rumah pembibitan anggur untuk saat ini ada 12 jenis tanaman anggur mulai dari varietas lokal sampe dengan luar, pengunjungpun diberikan cara menanam anggur yang baik oleh petani anggur dan bisa juga membeli bibit anggur yang ada, selain itu diberikan cara pemupukan VOC dengan memanfaatkan bahan bahan tumbuhan seperti kulit bawang, kulit pisang dan lainnya dengan memakai cara fermentasi dengan waktu 2 sampai dengan 3 minggu ” ujarnya.

Kedepan akan dibangun rumah pembibitan anggur baru, sarana Flayong Foks, Water Bom Mini dan cara mengolah tanah sawah serta menanam padi sebagai sarana edukasi bagi para pelajar biar mereka lebih faham cara menanam padi dengan segala tahapannya, selain itu Embung Jangkar juga siap menampung para siswa dari berbagai sekolah yang ingin merasakan sensasi kemah apung di Embung Jangkar, tentunya dengan harga yang bersahabat dan sarana yang lengkap, jadi melakukan perkemahan jangan keluar Indramayu saja, disinipun ada sport-sport yang menantang” papar Encang.

Kslau semua sudah tersedia tinggal bagai mana masyarakat dan sekolah memanfaatkan sarana dan spot – spot yang ada, selain itu pula dengan adanya sarana Argowisata dan edukasi wisata secara tidak lamgsung dapat menumbuhkan UMKM yang ada sehingga pada akhirnya perekonomian masyarakat Indramayu umumnya dan Sindang pada khususnya akan tumbuh berkembang dengan baik dan akan menambah Pendapatan Asli Desa (PADs) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD)Indramayu. ******(Gus Wahyu Ratusan)*******

Advertisement
Continue Reading
Advertisement DPRD KOTA PADANGSIDIMPUAN
Click to comment

Warning: Undefined variable $user_ID in /home/jarrakpos/public_html/wp-content/themes/zox-news/comments.php on line 49

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply