Connect with us

NEWS

Eks bupati Buol Amran Batalipu resmi dilantik sebagai ketua Kamar dagang dan industri (KADIN) kab.buol periode2023-2028

Redaksi Jarrakpos

Published

on

Buol, Jarrakpos.com — Acara pelantikan yang lansung dihadiri Ketua Dewan pimpinan provinsi sulawesi tenhag Hi Nur dg Rahmatu SE,bertempat diaula kantor bupati Buol lantai 2, kamis 18 /2-2023 yg juga dihadiri oleh tim forkom komisi II DPRD provinsi sulteng

pengurus DPD KADIN provinsi sulteng,porkopinda kab.buol,dan asisten II pemkab buol,pihak perbankan,(ka BNI,BRI,BPD dan lembaga koperasi. Serta pengurus baru KADIN BUOL dan juga sejumlah aparat.

Ketua KADIN Provinsi Sulawwsi tengah dlm sambutannya menyampaikan berbagai pencerahan ttg organisasi KADIN dlm perspektip hukum dan eksistensinya dipentas ekonomi nasional dan global,aspek pertama yang dpt sy sampaikan bahwa organisasi ini merupakan satu- satunya lembaga ekonomi yg memiliki posisioning yang begitu strategis bagi dunia usaha di indonesia.

karena wadah ini merupakan tempat berkumpulnya para pelaku dunia usaha di indonesia,dan secara eksplisit pundasi berdinya organisasi ini dikonstruk dgn landasan hukum ttg pembentukan AD/ART organisasi melalui UU NO. 16 THN 2016 ttg AD ART dan emriyonya pun dilahirkan oleh UU NO..1 thn 1987 ttg KADIN,sehingga eksistensi lembaga ini tidk dapat diragukan lagi, dan tidak heran oleh MENDAGRI pada pertemuan kepala-kepala daerah se indonesia  menyampaikan secara gamblang bahwa  kepada seluruh kepala daerah diharapkan dapat melibatkan pihak kadin dalam pengambilan KPTSN.

Advertisement

terkait kebijakan ekonomi mikro dan makro daerah inklud dlm hal aktivitas jasa konstrusi,karena Kadin merupakan organisasi yang mewadahi para pengusaha indonesia,sekligus merupakan mitra pemerintah dalam mendorong pergerakan dunia usaha.

Ditambahkannya, pemerintah dengan segala keberadaannya telah begitu jauh memberikan perhatian yang serius terhadap wadah ini antara lain dengam dikeluarkannya beberapa MOU atau perjanjian bersama antara pemerintah dan KADIN antara lain :

1. Antara KADIN dan kementrian koordinator bidang perekonomian ttg kemitraan multipihak percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim.

2.MOU antara KADIN dan kementrian hukum dan HAM ttg kerjasama pasilitasi dalm pengembangan Usaha mikro,kecil dan menengah.

Advertisement

Bahkan menko bidang perekonomian bpk AIRLANGGA HARTARTO secara gamblang menyatakan dlm nota kesepahaman ini, bahwa pemerintah akan memberikan bantuan berupa indentifikasi perencanaan dan proyek percontohan di daerah dan pemerintah.

memberikan bantuan dlm bentuk kredit usaha rakyat melalui UMKM,Dimna thn ini telah dianggarkan sebesar 373 triliun dan akan dinaikan menjadi sebesar 430 triliun dan dithn 2024 akan dapt mencapai 1800 Triliun.

Merupakan komitmen negara yang telah diprasastikan bersama KADIN INDONESIA, sehingga diharapkan kepad untuk dapat menjaga dgn sebaik-sebaiknya kredibilitas dan kepercayaan pemerintah ini kepad organisasi tepat.

Kita berhimpun ini, uruslah rakyat degan baik dan bantulah pemerintah daerah dlm memajukan peningkatan ekonomi rakyat dan pendapatan kemampuan keuangan daerah,,,tutup ketua kadin prov sulteng yang juga ketua tim porkom DPRD prop sulteng di kabupaten.buol. dlm sambutannya.

Advertisement

Amran Batalipu SE MM,ketua KADIN Kab.buol,dalam sambutannya menyampaikn trimakasih atas kehadiran bpk ketua dewan.pimpinan KADIN provinsi sulteng bersama pengurus lainnya serta dukungan pemerintah daerah terhadap agenda pelantikan pengurus baru KADIN BUOL periode 2023-2028 yang juga telah.memberikan fasilitas tepat untuk penyelenggaraan pelantikan ini, beliau dengan nada canda mengatakan, kenapa pelantikan KADIN ini kami alokasikan diaula kantor BUPATI,tanpa bemaksud untuk melebi- lobihkan acara pelantikan ini,tpi hal ini tanpa kita sadari bahwa ternyata pemerintah daerah kabupaten buol telah menunjukan apresiasi yang begitu sangat luar biasa terhadap lembaga tempat bermukimnya pelaku usaha didaerah ini yang sekaligus merupakan lonceng kehidupan baru dan terbukanya iklim pemerintahan baru yang akomodatip,responsip dan hendak.memberikan ruang yg sebesar-besarnya bagi peran serta masyarakat dlm Penyelenggaraan pemerintahan daerah,itulah sebabnya kami mengucapkan trimakasi dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pemerintah daerah kabupaten.buol saat ini yg dipimpin Drs muchlis MM selaku PJ BUPATI. BUOL.

Kita sama mengakui bahwa kondisi kekinian daerah masih diperhadapkan dengan kelesuan ekonomi,rendahnya daya beli.masyarakat dan ketiadaan lapangan kerja,serta blm tersentuhnya sumberdaya alam yang melimpah ini,menjdi faktor pemicu,mundurnya dan tertinggalnya daerah ini dgn daerah-daerah otonomi lainnya di Sulteng.

sehingga realitas inilah yang membuat saya lebih ihklas menerima pataka kepercayaan teman-teman dunia usaha seklipun ada yang mencibir,masa ko eks ketua dewan 2 periode dan eks bupati mau lgi jdi ketua kadin,,tpi jujur saya berpendpat lain ternyata jabatan ini begitu amanah tersejajarkan dgn jabatan yang saya pernah emban,karena menjdi nakhoda organisasi para pelaku usaha.

Memiliki posisi yang bgtu mulia dan amanah,karena ada cita-cita yang bersesuaian dengan jiwa dan kecintaan saya bagi rakyat dan daerah,disitu ada kita yang masih tertunda.

Advertisement

Yang blm saya rampungkan pada seblmnya,yakni saya ingin memajukan negri ini melalui terbangunnya ekonomi yang tangguh dan.masa depan yang lebih menjanjikan bagi rakyat dan daerah ini.

Olenya sudara saya sekalian,yang telah bersama kami dlm sebahtra melayarkan cita-cita suci ini agar betu-betul serius dan dpt bersama, dlm.menjln kan tugas dan tanggungjawab,karena bahtra ini sangat begitu berat digayuh bila hanya seorang diri yang ingin berlabuh,mari kita dayung bersama karena kita segera ingin berlabuh ,melabuhkan semua impian agar esok negri ini mampu mengejar ketertinggalan dan keterbelakangan….

Sementara ditempat yg sama,asisten II,bpk Arianto rioeh MM,mewakili PJ BUPATI buol,menyampaikan permintaan maafx krna ketidak hadiran bpk PJ BUPATI,krna sedang dlm melaksanakan tugas diluarkota,sehingga sy ditugaskan utk.menggantikan beliau hadir dlm proses pelantikan KADIN buol…

Kami sangat berharap bahwa  dgn terbentuknya KADIN BUOL,yg alhamdulillah dipimpin oleh seorang yg syarat pengalaman bkn sj dlm dunia usaha tpi jga dlm pemerintahan,sehingga tdk dpt diragukan lgi sosok beliau pasti mampu memimpin organisasi KADIN ini dgn baik n sukses..

Advertisement

KADIN merupakan lembaga ekonomi tempat berhimpunnya para pengusaha yg sekligus merupakan mitra pemerintah,kedepannya kmi berharap bahwa denyut perekonomian daerah ini semakin dpt mengendalikan sektor swasta sehingga paling tdk dpt memperkecil tingkat intetdependensi terhadap beban APBD,dan dgn adanya KADIN bgtu berpotensi mampu meminimalisir beban daerah dlm upaya peningkatan ekonomi rakyat terutama sektor UMKM,terkait penguatan profesionalitas ini ,PEMDA,Optimis kadin mampu menjalin kemitraan dgn berbagai penggerak ekonomi lainnya,inklud dgn kemitraan perbankan,koprasi,lembaga investasi lainnya,dan yg lebih penting lgi KADIN,dpt membangun sinergitas bersama pemerintah daerah dlm.mendorong laju pertumbuhan ekonomi dan daya ungkit yg lebih kuat bgi penguatan ekonomi daerah…

Walau kmi akui,bahwa diera sebelumnya kmi blm dpt memberikan ruang yg bgtu berarti bgi peran2 organisasi usaha,tpi insyaALLAH kedepannya kita hrs mampu merubahnya,,dan diaplaus oleh para hadirin.

Sehingga KADIN hrs bisa bergandengan tangan dgn pemerintah daerah dlm membangun daerah ini,tutup arianto.

Seklipun pelantikan ini tdk dihadiri oleh 1 pun agta dewan buol n SKPD tpi acara ini terbilang sukses bkn sj dihadiri oleh bgtu banyakx undangan tpi jga diisi oleh tari adat penyambutan tamu dan rebana wanita2 usia remaja yg membuah acara pelantikan ini berlangsun hidmat n sukses. (Djoni hatimura S,sos.)

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Warning: Undefined variable $user_ID in /home/jarrakpos/public_html/wp-content/themes/zox-news/comments.php on line 49

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply