Connect with us

DAERAH

Disporasu Minta Masyarakat Segera Tinggalkan Lahan Veledrome dan Lapangan Tembak

Syawal Rifai

Published

on

Medan – Pemprovsu melalui Disporasu meminta kepada masyarakat yang menempati lahan velodrome (stadion balap sepeda) di Jalan Willem Iskandar dan lapangan tembak harus taat aturan dan mengosongkan lahan milik pemerintah itu.

Ini dilakukan menjelang persiapan Sumatera Utara menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut tahun 2024

“Kami (Disporasu)meminta masyarakat segera mengosongkan lahan milik pemerintah Sumut ” kata Sekretaris Disporasu Ismail SH MSH dalam dialog Disporasu dengan masyarakat yang selama ini menempati lahan Veledrome dan lapangan tembak di Aula Olahraga Lantai II Kantor Disporasu Jalan Wiliem Iskandar No 9 Medan, Jumat (10/3/2023)..

Seperti diketahui, sejak diresmikan pada 1995 oleh Ketua KONI Pusat, Wismoyo Arismunandar dan Gubsu, Raja Inal Siregar hingga kini velodrome tidak bisa dipergunakan.

Advertisement

Dan oleh masyarakat, veledrome men
dijadikan tempat tinggal warga. Pemprovsu melalui Dispora Sumut sudah pernah minta pada warga atau masyarakat melakukan upaya pengosongan bersama tim gabungan. Tapi saat eksekusi berlangsung, Kamis (15/2/2018) pagi, penertiban batal digelar dikarenakan ada masyarakat yang protes dan mengklaim bahwa tanah itu milik Yayasan Perguruan Gamaliel.

“Itu tanah pemerintah Sumut (Disporasu). Masyarakat yang mengaku tanah itu (milik dia), gak ada suratnya itu. Gak usah mengaku-ngaku,” tegasnya.

Dalam dialog tersebutl hadir Karo Ops Poldasu Kombes Pol. Victor Togi Tambunan., SH, SIK, Dir Intelkam Poldasu Kombes Pol. Dwi Indra Maulana, Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda, SH, SIK, Kabag Ops Polrestabes Medan AKBP Arman Muis, SH, SIK, MM, Kasat Intelkam Polrestabes Medan AKBP Yayan, S.Sos, MM, Kapolsek Percut Sei Tuan Kompol Agus Setiawan., ST SIK, Inspektorat Provsu Rahmat Efendi, Kabid Gakda Satpol PP Provsu Julianus Evrata Bangun Ap MSi dan masyarakat kawasan Velodrome

“Kami beri waktu pada masyarakat hingga Minggu. Dan hari Senin nya kami melakukan eksekusi lahan yang ditempati masyarakat” tegas Ismail

Advertisement

Disporasu katanya hanya membantu masyarakat untuk meninggalkan lahan tersebut seperti membongkar bangunan rumah di lahan Veledrome.

“Semoga Senin besok sudah lancar dan lahan bisa dimaksimalkan untuk sarana di PON mendatang, katanya

Harus Kondusif

Sementara itu, Kapolrestabes Medan berharap dalam penertiban lahan olahraga harus tidak berpolemik dan harus berjalan kondusif. Sehingga Polrestabes Medan yang ikut terlibat dalam pengamanan itu tidak ada yang dirugikan.

Advertisement

Demikian dikatakan, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda turut serta diundang
Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan dalam rangka tindak lanjut pembahasan penertiban lahan Velledrom dan lapangan tembak

Kapolrestabes Medan mendukung langkah pemerintah Sumut yang ingin memajukan olahraga, dengan melibatkan seluruh pemuda yang mempunyai kemajuan kuat untuk kemajuan olahraga di Sumut.

Dia juga melihat, untuk mewujudkan cita-cita/keinginan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara yang diperlukan suatu perencanaan program/kegiatan organisasi yang harus dilaksanakan sesuai dengan Visi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut.. ”Menjadi Provinsi Yang Berdaya Saing Menuju Sumatera Utara Sejahtera” dan Misi Gubernur ”Membangun Sumber Daya Manusia Yang Memiliki Integritas Dalam Berbangsa dan Bernegara, Religius dan Berkompetensi Tinggi.

Selain itu, mengembangkan potensi dan kreativitas pemuda dalam menciptakan masyarakat Sumatera Utara yang terampil dan berdaya saing.

Selain itu, meningkatkan dan memberdayakan organisasi keolahragaan dalam rangka meningkatkan efektivitas jaringan kerja bidang keolahragaan, dan

Advertisement

Selanjutnya, meningkatkan peran serta masyarakat dalam mengembangkan, memasyarakatkan dan membudayakan olahraga sebagai kebiasaan hidup sehingga masyarakat sehat bugar akan terwujud. “Meningkatkan kemitraan antara pemerintah dan masyarakat, termasuk dunia usaha dalam upaya mengembangkan industri olahraga guna mendukung pengembangan sarana dan prasarana olahraga, ” tandasnya.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Warning: Undefined variable $user_ID in /home/jarrakpos/public_html/wp-content/themes/zox-news/comments.php on line 49

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply