Connect with us

DAERAH

Bupati Bunda Nina Agustina Salurkan Bantuan Benih Padi bagi 722 Kelompok Tani.

Wahyu Supriatna

Published

on

INDRAMAYU JarrakPostJabar.Com- Kabupaten Indramayu sebagai lumbung pangan nasional yang bisa menopang seluruh kebutuhan beras untuk masyarakat, dengan hasil panen diatas 5 juta ton pertahun harus didukung dengan faktor-faktor penunjang sebagai daya dukung yang ada. Salah satunya ketersediaan benih padi unggul setiap musim tanamnya.

Untuk menjamin ketersediaan benih padi yang di butuhkan oleh petani petani, Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina menyerahkan bantuan benih padi kepada 722 kelompok tani (Poktan) yang tersebar di 22 kecamatan, Senin (12/2/2024) yang bertempat Balai Benih Hortikultura DKPP Desa Kebulen Kecamatan Jatibarang.

Hadir pada acara tersebut Sekda Indramayu, Aep Surahman, Kepala Bappeda Indramsyu Iin Indrayani, Plt Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Sugeng Heriyanto, Sekdis Dinas Pertanian dan ketahanan Pangan H.Muhamad Iqbal, Para Kabid dan Kadie dinas Pertanian Indramayu, para kepala SKPD Indramayu, Perwakilan Forkopimda Indramayu, Para Camat se Indramayu, para kepala desa, para ketua Gapoktan se Indramayu.

Dalam menjelasannya Bupati Indramayu, selain ketersediaan benih padi menjadi faktor utama lain yang harus diperhatikan yakni lahan yang subur, ketersediaan air, intensitas cahaya matahari, ketersediaan pupuk, dan SDM petani yang tangguh. Kemudian untuk mendukung produksi pertanian juga diperlukan adanya peran teknologi seperti teknologi pembenihan, teknologi irigasi, teknologi pascapanen, serta teknologi nutrisi tanaman.

Advertisement

“Benih unggul ini merupakan upaya untuk menciptakan tanaman padi yang berkualitas terutama benih padi yang tahan penyakit, tahan banjir, waktu tanam yang pendek, pulen, dan keunggulan lainnya. Dengan bantuan bibit padi ini diharapkan para petani bisa menghasilkan produksi padi yang meningkat jumlahnya,” tegas Nina.

“Terima kasih banyak kepada para petani Indramayu karena telah menjadi pahlawan pangan di Indonesia, mari kita terus bersinergi agar terwujudnya lumbung pangan nasional,” ungkap Nina.

Sementara itu Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Indramayu, Sugeng Heriyanto saar ditemui ” dari 722 kelompok tani yang tersebar di 22 kecamatan tersebut jumlah benih padi yang disalurkan mencapai 556.275 kilogram. Bantuan benih padi ini diharapkan dapat memangkas biaya produksi para petani dalam menyiapkan bibit yang unggul,” kata Sugeng.

Semoga dengan pemberian bantuan bibit ini dapat meningkatkan produktifitas dari pada petani, yang lebih penting lagi pemerintah harus mengusahakan ketersediaan pupuk dan menjamin harga gabah agar tidak anjlok ketika memasuki panen raya tiba, karena hal ini yang lebih penting dalam usaha meningkatkan kesejahteraan hidup petani serta mengangkat harkat dan martabat petani agar generasi muda juga mau terjun dan menekuni bidang pertanian yang menjanjikan!!.*****(Wahyu Ratusan)*****

Advertisement

 

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Warning: Undefined variable $user_ID in /home/jarrakpos/public_html/wp-content/themes/zox-news/comments.php on line 49

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply