Connect with us

DAERAH

Apel Gelar Pasukan Ops Keselamatan Lalulintas Candi 2023 di Pimpin Kapolres Magelang Kota

editor jarrakpos.com

Published

on

KOTA MAGELANG,jarrakpos.com – Kepolisian Resor Magelang Kota Polda Jawa tengah menggelar apel gelar pasukan dalam rangka operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2023 di halaman Apartemen Musvia Polres Magelang Kota, Selasa (7/2/2023).

Apel Gelar pasukan Operasi Keselamatan Lalu lintas candi 2023 yang dipimpin Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda Evalyn Sebayang, S.I.K., M.M. yang dihadiri tamu undangan dengan tamu undangan yaitu pejabat dari Kodim 0705/Magelang, Satpol PP Kota Magelang, Perwakilan dari Dinas Perhubungan Kota Magelan, Jasa Raharja Kota Magelang.

Adapun peserta dan diikuti peserta apel dari Subdenpom IV/2-1 Magelang, satu pleton personel Kodim 0705 Magelang, personel Polres Magelang kota yang dilibatkan dalam operasi, Dinas Perhubungan dan Satpol PP Kota Magelang. di sana juga di tampilkan kendaraan dinas yang digunakan sarana dan prasarana operasi.

Dok.jarrakpos/fri

Setelah dilakukan pemasangan tanda pita operasi kepada perwakilan dari Denpom Subdenpom IV/2-1 Magelang, Polres Magelang kota dan Dishub Kota Magelang sebagai tanda dimulainya pelaksananaan Operasi Keselamatan Lalu lintas candi 2023

Polres Magelang Kota akan menggelar Operasi Kewilayahan dengan sandi “Keselamatan Candi 2023”. Dengan tema Operasi Keselamatan Candi 2023 “KESELAMATAN BERLALU LINTAS YANG UTAMA DAN PERTAMA” mulai tanggal 7 sampai dengan 20 Februari 2023.

Advertisement

 

Dalam Apel Gelar pasukan Operasi Keselamatan Lalu lintas candi 2023 tingkat Polres Magelang Kota, Kapolres AKBP Yolanda membacakan amanat Kapolda Jateng. Berikut yang yang disampaikan Kapolda melalui AKBP Yolanda.

Permasalahan dibidang lalu lintas dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis. Hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk, memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Perkembangan transportasi juga telah menginjak era digital, dimana operasional order angkutan publik sudah berada dalam genggaman (cukup menggunakan handphone). Modernisasi tersebut perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja Polri khususnya polantas, sehingga mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari modernisasi transportasi tersebut

Sebagai informasi, data jumlah pelanggaran lalu lintas tahun 2022 sebanyak 1.068.344 pelanggaran, dibandingkan dengan tahun 2021 sebanyak 307.744 pelanggaran, naik 71% atau (760.600 pelanggaran). Jumlah tilang tahun 2022 sebanyak 709.883 lembar, dibandingkan tahun 2021 sebanyak 226.670 lembar, mengalami kenaikan sebanyak 68% atau (483.213 lembar). Teguran pada tahun 2022 sebanyak 358.461 dibandingkan dengan tahun 2021 sebanyak 81.082, mengalami kenaikan sebanyak 77% atau (277.379 teguran);

Advertisement

Polri telah menetapkan kalender Operasi Keselamatan Lalu Lintas yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi tahun 2023 ini merupakan operasi cipta kondisi kamseltibcarlantas yang kondusif menjelang hari raya Idul Fitri 1444 H tahun 2023, dengan mengedepankan giat preemtif 40% dan preventif 40% serta didukung giat gakkum 20% (etle statis dan mobile serta teguran) guna mewujudkan kamseltibcarlantas yang aman, nyaman dan selamat.

Dok.jarrakpos/fri

Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi tahun 2023 dilaksanakan selama 14 hari, dimulai dari tanggal dengan melibatkan sejumlah 3.331 personel Polri dari seluruh jajaran Polda Jateng dengan dukungan dari perkuatan personel TNI, Dishub serta instansi terkait lainnya. Diharapkan dengan dilaksanakan Operasi Keselamatan Lalu lintas ini dapat meningkatkan disiplin dalam berlalu lintas, menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan pelanggaran lalu lintas serta tingkat fatalitas korban laka lantas.

Sebelum mengakhiri sambutan, Kapolres Magelang kota menyampaikan penekanan kepada anggota yang terlibat Operasi dari kapolda Jateng berkaitan dengan pelaksanaan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi tahun 2023, yaitu Senantiasa memanjatkan do’a kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa sebelum melaksanakan tugas, Lakukan deteksi dini terhadap dinamika dan fenomena yang berkembang sehingga dapat melakukan langkah – langkah pencegahan yang prediktif, Hindari pungli dan perilaku menyimpang yang dapat menjadi trigger ketidakpercayaan masyarakat kepada Polri. “terakhir Hindari tindakan yang kontra produktif serta sikap arogan sehingga kehadiran polantas dapat dirasakan oleh masyarakat dan Lakukan tugas operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi-2023 dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab” pungkas Kapolres saat membacakan Amanat Kapolda.(fri)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Warning: Undefined variable $user_ID in /home/jarrakpos/public_html/wp-content/themes/zox-news/comments.php on line 49

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply