Jawa TengahNEWS

Satpam Berprestasi Mendapat Penghargaan dari Kapolresta Magelang

MAGELANG,jarrakpos.com – Polresta Magelang menggelar upacara peringatan HUT Satpam ke- 42 pada Senin (30/01/2023), yang bertempat di halaman Polresta Magelang. Dengan tema “Sinergritas Satpam dan Polri Peduli Untuk Sesama”, kegiatan dipimpin langsung oleh Kapolresta Magelang Kombes Pol Ruruh Wicaksono S. I. K., S. H., M. H, yang diikuti satu Pleton Bhabinkamtibmas, dua Pleton Satpam dan satu Pleton Linmas serta satu Pleton Senkom. Semua petugas upacara diambil dari personel Satpam.

Juga turut hadir Waka Polresta Magelang Kompol Aron Sebastian S.I.K., M.Si, para Kabag , Kasat, Kasi Polresta Magelang serta tamu undangan pimpinan perusahaan dan instansi.

Sebelum amanat Kapolresta Magelang selaku pimpinan Upacara berkenan memberikan penghargaan kepada dua perwakilan anggota Satpam berprestasi dalam mengikuti lomba peragaan PBB & beladiri Polri tingkat Polda Jawa Tengah yang berhasil meraih juara harapan 3.

Kapolresta Magelang menyampaikan amanat dari Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. bagaimana peran Satpam yang turut berpartisipasi dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif sebagai syarat dari terselenggaranya pembangunan nasional guna mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia. Dalam amanat tersebut juga dijelaskan mengenai sejarah pembentukan dari Satuan Pengamanan (Satpam) dan juga dasar-dasar hukum yang mengatur tugas serta wewenang dari Satpam.

Disebutkan juga bahwa personel Satpam terus mengalami peningkatan setiap tahunnya, pada tahun 2022 jumlah PUJB sebanyak 5.670 personel atau meningkat 250% dari tahun 2021 yang sebanyak 1.622. Sedangkan untuk jumlah Satpam pada tahun 2022 sebanyak 856.002 personel atau meningkat 5% dari tahun 2021 sebanyak 815.129 personel. “Peningkatan kuantitas tersebut tentunya juga harus diimbangi dengan peningkatan kemampuan
dan keterampilan untuk itu rekan-rekan Satpam dapat mengikuti jenjang pelatihan Satpam secara berkala mulai Garda Pratama, Garda Madya, dan Garda Utama sebagaimana Keputusan Kapolri nomor 54 2023 tentang kurikulum pelatihan Satpam kualifikasi Garda Pratama, Garda Madya, dan Garda Utama. Rekan satpam harus senantiasa berpegang teguh terhadap nilai norma dan etika yang baik pada setiap pelaksanaan tugas, junjung tinggi kode etik Satpam dimanapun berada”. Ucap Kapolresta Magelang mengutip dari amanat Kapolri.

Dok.jarrakpos/fri

Terima kasih dan apresiasi kepada seluruh anggota Satpam, perusahaan jasa pengamanan, pengurus asosiasi jasa pengamanan, serta segenap stekholder atas kerjasama dan sinergitasnya sehingga situasi stabilitas Kamtibmas dapat berjalan kondusif. Harapannya agar para personel satuan pengamanan terus mendukung tugas pokok Polri dalam melindungi segenap masyarakat dari seluruh ancaman dan gangguan keamanan di lingkungan kerjanya sebagaimana makna perisai pada logo satpam. “Rekan Satpam harus senantiasa berpegang teguh terhadap nilai norma dan etika yang baik pada setiap pelaksanaan tugas, junjung tinggi kode etik Satpam dimanapun berada. Tanamkan bahwa fungsi Kepolisian terbatas yang diberikan kepada rekan-rekan Satpam merupakan sebuah kehormatan yang harus selalu dijaga karena kehadiran Satpam juga merupakan representasi kehadiran Polri di lapangan”. Imbuh Ruruh.

Selesai Upacara dilanjutkan dengan prosesi pemotongan tumpeng dan dilanjutkan sesi foto bersama.(fri)

 Jarrak Travel

 

Baca juga:  RSUD Bandung Kiwari Umumkan Pentingnya Medical check up untuk Lansia dan Remaja

Editor : Feri

Sumber : Humas Polresta Mgl

 
JarrakTravel   JarrakTravel   Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Related Articles

Back to top button